Visi dan Misi

VISI

Menghasilkan lulusan yang beretika, menjunjung kode etik keinsinyuran dan professional dalam bekerja  dibidangkeinsinyuran untuk mendukung Unud dalam rangka menyiapkan tenaga insinyur profesional dengan reputasi internasional dalam ilmu pengetahuan, teknologi, yang unggul, mandiri, dan berbudaya.

Untuk lebihjelasnya rumusan visi tersebut, maka diuraikan tentang pengertian beberapa kata kunci dalam visi, sebagai berikut:

1. Kode etik keinsinyuran: Mengembangkan dan mewujudkan tanggung jawab kecendekiaan dan kepedulian profesi keinsinyuran kepada bangsa, negara, dan komunitas internasional.  Menyadari tanggung jawab kecendekiaan Insinyur Profesional bagi memahami dan menjunjung falsafah dan nilai Pancasila sebagai falsafah dasar masyarakat bangsa Indonesia. Menghayati serta mematuhi Kode Etik Insinyur Indonesia (Catur Karsa dan Sapta Dharma) dan tata laku profesi yang berlaku.

2. Unggul, Mandiri: Lulusan Program ProfesInsinyur yang dihasilkan mempunyai keunggulan komparatif dan kompetitif, yakni kemampuan akademis yang kuat, kritis, dan obyektif. Mandiri di bidang keilmuannya, kuat  karakter pribadinya, dan kuat memegang prinsip. Kritis dalam menanggapi berbagai persoalan pengembangan keilmuan khususnya pembangunan Ipteks berkelanjutan. Obyektif dalam bersikap sebagai ilmuwan dan menetapkan sasaran dan strategi pencapaiannya.Lulusan Program Profesi Insinyujuga memiliki keberanian menyuarakan dan memperjuangkan kepentingan ilmuwan danpembangunan yang profesional berkelanjutan. Memahami Ipteks dan mampu mengimplementasikannya untuk meningkatkan nilai keilmuan dan daya saing bangsa, secara nasional dan internasional. Memiliki kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan suatu usaha, sehingga mampu menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri, keluarga,serta lingkungannya. 

3.  Berbudaya : Lulusan Program Profesi Insinyur yang dihasilkan  mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kebenaran akademik, berkepribadian yang baik, sopan santun dalam bertuturkata dan berkarya, serta bertanggung jawab atas segala pekerjaan yang menjadi tugasnya, memiliki kepekaan yangtinggi terhadap nilai-nilai budaya lokal, dan praktek-praktek kehidupan yangada di masyarakat dalam rangka mendukung pembangunan Ipteks yang berkelanjutan.Berbudaya juga bermakna mampu menggali dan megembangkan nilai-nilai budaya lokal.


Misi

Visi di atas dirumuskan menjadi misi dari Program Studi Program Profesi Insinyur, dengan mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu:

1.   Menyelenggarakan pendidikatinggi dibidang keinsinyuran untuk menghasilkan lulusan yang dapat melaksanakan praktek keinsinyuran dalailmpengetahuan dateknologi, serta mampu bersaing ditingkat nasional  maupun internasional. 

2. Menjadi jembatan perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri, sehingga terjalin kerjasama saling  menguntungkan.